GAME
MENGISI AIR PADA GUCI
(Tugas Mata Kuliah Kecerdasan Buatan)
Game
ini merupakan game flash yang sederhana. Game ini mempunyai kapasitas memory
yang sangat kecil sehingga mudah dijalankan. Untuk memainkan game flash ini
butuh kemampuan berfikir secara logis serta kesabaran untuk mencari solusinya.
Bagi yang tertarik mendownload game flash ini, silahkan download aja pada link
sumbernya :
Link download game
http://downloadgame12.blogspot.com/2012/10/game-logic.html
I. REPRESENTASI RUANG KEADAAN GAME
A.
Identifikasi
Masalah
Bagaimana caranya agar orang yang berada
dalam gua bisa bebas keluar, dengan cara tuas pembuka gerbang diberi beban guci
yang berisi 6 liter tidak kurang dan tidak lebih, di mana guci-guci tersebut
tidak ada skala ukurnya.
B.
Keadaan
Awal : Guci berkapasitas 7 liter berisi 0 liter, guci
berkapasitas 5 liter berisi 0 liter.
Keadaan
Goal : Guci berkapasitas 7 liter berisi 6 liter, lalu guci ditaruh pada tuas pembuka gerbang.
Keadaan Goal
C. Aturan
1. Terdapat 2 guci yang
tidak ada skala liternya, salah satu guci berkapasitas 7 liter sedangkan yang lainnya 5 liter.
2. Terdapat sumur yang
fungsinya untuk mengisi air pada guci
3. Air dalam guci dapat
dikosongkan, serta dapat dipindahkan ke guci yang lainnya.
4. Terdapat alat pembuka
pintu gerbang, di mana gerbang akan terbuka kalau diberi beban 6 liter air.
D.
Solusi
Goal
|
Jalan Buntu
|
|||||
Langkah
|
Guci 7 Liter
|
Guci 5 Liter
|
Langkah
|
Guci 7 Liter
|
Guci 5 Liter
|
|
Ke-1
|
0
|
5
|
Ke-1
|
7
|
0
|
|
Ke-2
|
5
|
0
|
Ke-2
|
2
|
5
|
|
Ke-3
|
5
|
5
|
Ke-3
|
2
|
0
|
|
Ke-4
|
7
|
3
|
Ke-4
|
0
|
2
|
|
Ke-5
|
0
|
3
|
Ke-5
|
7
|
2
|
|
Ke-6
|
3
|
0
|
Ke-6
|
4
|
5
|
|
Ke-7
|
3
|
5
|
Ke-7
|
7
|
2
|
|
Ke-8
|
7
|
1
|
Ke-8
|
0
|
2
|
|
Ke-9
|
0
|
1
|
||||
Ke-10
|
1
|
0
|
||||
Ke-11
|
1
|
5
|
||||
Ke-12
|
6
|
0
|
II. POHON
PELACAKAN
A. Metode Pencarian Buta
1. Breadth First Search
0,0 -> 0,5 -> 7,0 -> 0,0 -> 5,0 -> 7,5 -> 0,0 -> 0,5
-> 5,5 -> 0,5 -> 5,0 -> 7,3 -> 7,5 -> 0,3 -> 7,0 -> 5,5 -> 7,5 -> 0,0 -> 3,0 -> 0,5 -> 7,3 -> 0,0 -> 0,3
-> 3,5 -> 7,0 -> 0,5 -> 3,0 -> 7,1 -> 7,5 -> 0,1 -> 7,0 -> 3,5 -> 7,5 -> 0,0 -> 1,0 -> 0,5 -> 7,1 -> 0,0
-> 0,1 -> 1,5 -> 7,0 -> 0,5 -> 1,0 -> 6,0 (Goal)
2. Depth First Search
0,0 -> 0,5 -> 0,0 (Jalan
Buntu)
B. Metode Pencarian Heuristic
1. Generate and Test
0,0 -> 0,5 -> 0,0 -> 0,5 -> 5,0 -> 0,0 -> 5,0 -> 0,5
-> 5,0 -> 5,5 -> 0,5 -> 5,5 -> 5,0 -> 5,5 -> 7,3 -> 0,3 -> 0,0 -> 0,3 -> 3,0 -> 0,0 -> 3,0 -> 0,3 -> 3,0
-> 3,5 -> 0,5 -> 3,5 -> 3,0 -> 3,5 -> 7,1 -> 0,1 -> 0,0 -> 0,0 -> 0,0 -> 0,1 -> 0,0 -> 1,5 -> 0,5 -> 1,5
-> 1,0 -> 1,5 -> 6,0 (Goal)
2. Simple Hill Climbing
0,0 -> 0,5 -> 0,0 -> 0,5 -> 5,0 -> 0,0 -> 5,0 -> 0,5
-> 5,0 -> 5,5 -> 0,5 -> 5,5 -> 5,0 -> 5,5 -> 7,3 -> 0,3 -> 0,0 -> 0,3 -> 3,0 -> 0,0 -> 3,0 -> 0,3 -> 3,0
-> 3,5 -> 0,5 -> 3,5 -> 3,0 -> 3,5 -> 7,1 -> 0,1 -> 0,0 -> 0,0 -> 0,0 -> 0,1 -> 0,0 -> 1,5 -> 0,5 -> 1,5
-> 1,0 -> 1,5 -> 6,0 (Goal)
3. Steepest Ascent Hill Climbing
0,0 -> 0,5 -> 0,0 -> 5,0 -> 0,0 -> 0,5 -> 5,5 -> 0,5
-> 5,0 -> 7,3 -> 0,3 -> 0,0 -> 3,0 -> 0,0 -> 0,3 -> 3,5 -> 0,5 -> 3,0 -> 7,1 -> 0,1 -> 0,0 -> 0,0 -> 0,1
-> 1,5 -> 0,5 -> 1,0 -> 6,0
(Goal)
kita juga punya nih jurnal mengenai kecerdasan buatan , silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/5447/1/JURNAL.pdf semoga bermanfaat yaa :)
BalasHapus