Kecerdasan Buatan


GAME MENGISI AIR PADA GUCI
(Tugas Mata Kuliah Kecerdasan Buatan)

Game ini merupakan game flash yang sederhana. Game ini mempunyai kapasitas memory yang sangat kecil sehingga mudah dijalankan. Untuk memainkan game flash ini butuh kemampuan berfikir secara logis serta kesabaran untuk mencari solusinya. Bagi yang tertarik mendownload game flash ini, silahkan download aja pada link sumbernya :

I. REPRESENTASI RUANG KEADAAN GAME


A.    Identifikasi Masalah
Bagaimana caranya agar orang yang berada dalam gua bisa bebas keluar, dengan cara tuas pembuka gerbang diberi beban guci yang berisi 6 liter tidak kurang dan tidak lebih, di mana guci-guci tersebut tidak ada skala ukurnya.
B.     Keadaan Awal : Guci berkapasitas 7 liter berisi 0 liter, guci berkapasitas 5 liter berisi 0 liter.
Keadaan Goal : Guci berkapasitas 7 liter berisi 6 liter, lalu guci ditaruh pada tuas pembuka gerbang.      

Keadaan Goal


C.    Aturan
1.   Terdapat 2 guci yang tidak ada skala liternya, salah satu guci berkapasitas 7 liter sedangkan yang lainnya 5 liter.
2.     Terdapat sumur yang fungsinya untuk mengisi air pada guci
3.    Air dalam guci dapat dikosongkan, serta dapat dipindahkan ke guci yang lainnya.
4.    Terdapat alat pembuka pintu gerbang, di mana gerbang akan terbuka kalau diberi beban 6 liter air.

D.     Solusi
Goal

Jalan Buntu
Langkah
Guci 7 Liter
Guci 5 Liter

Langkah
Guci 7 Liter
Guci 5 Liter
Ke-1
0
5

Ke-1
7
0
Ke-2
5
0

Ke-2
2
5
Ke-3
5
5

Ke-3
2
0
Ke-4
7
3

Ke-4
0
2
Ke-5
0
3

Ke-5
7
2
Ke-6
3
0

Ke-6
4
5
Ke-7
3
5

Ke-7
7
2
Ke-8
7
1

Ke-8
0
2
Ke-9
0
1


Ke-10
1
0


Ke-11
1
5


Ke-12
6
0






II. POHON PELACAKAN
 
A.   Metode Pencarian Buta
1.    Breadth First Search
0,0 -> 0,5 -> 7,0 -> 0,0 -> 5,0 -> 7,5 -> 0,0 -> 0,5 -> 5,5 -> 0,5 -> 5,0 -> 7,3 -> 7,5 -> 0,3 -> 7,0 -> 5,5 -> 7,5 -> 0,0 -> 3,0 -> 0,5 -> 7,3 -> 0,0 -> 0,3 -> 3,5 -> 7,0 -> 0,5 -> 3,0 -> 7,1 -> 7,5 -> 0,1 -> 7,0 -> 3,5 -> 7,5 -> 0,0 -> 1,0 -> 0,5 -> 7,1 -> 0,0 -> 0,1 -> 1,5 -> 7,0 -> 0,5 -> 1,0 -> 6,0 (Goal)
2.    Depth First Search
0,0 -> 0,5 -> 0,0 (Jalan Buntu)

B.    Metode Pencarian Heuristic
1.    Generate and Test
0,0 -> 0,5 -> 0,0 -> 0,5 -> 5,0 -> 0,0 -> 5,0 -> 0,5 -> 5,0 -> 5,5 -> 0,5 -> 5,5 -> 5,0 -> 5,5 -> 7,3 -> 0,3 -> 0,0 -> 0,3 -> 3,0 -> 0,0 -> 3,0 -> 0,3 -> 3,0 -> 3,5 -> 0,5 -> 3,5 -> 3,0 -> 3,5 -> 7,1 -> 0,1 -> 0,0 -> 0,0 -> 0,0 -> 0,1 -> 0,0 -> 1,5 -> 0,5 -> 1,5 -> 1,0 -> 1,5 -> 6,0 (Goal)
2.    Simple Hill Climbing
0,0 -> 0,5 -> 0,0 -> 0,5 -> 5,0 -> 0,0 -> 5,0 -> 0,5 -> 5,0 -> 5,5 -> 0,5 -> 5,5 -> 5,0 -> 5,5 -> 7,3 -> 0,3 -> 0,0 -> 0,3 -> 3,0 -> 0,0 -> 3,0 -> 0,3 -> 3,0 -> 3,5 -> 0,5 -> 3,5 -> 3,0 -> 3,5 -> 7,1 -> 0,1 -> 0,0 -> 0,0 -> 0,0 -> 0,1 -> 0,0 -> 1,5 -> 0,5 -> 1,5 -> 1,0 -> 1,5 -> 6,0 (Goal)
3.    Steepest Ascent Hill Climbing
0,0 -> 0,5 -> 0,0 -> 5,0 -> 0,0 -> 0,5 -> 5,5 -> 0,5 -> 5,0 -> 7,3 -> 0,3 -> 0,0 -> 3,0 -> 0,0 -> 0,3 -> 3,5 -> 0,5 -> 3,0 -> 7,1 -> 0,1 -> 0,0 -> 0,0 -> 0,1 -> 1,5 -> 0,5 -> 1,0 -> 6,0 (Goal)


1 komentar:

  1. kita juga punya nih jurnal mengenai kecerdasan buatan , silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/5447/1/JURNAL.pdf semoga bermanfaat yaa :)

    BalasHapus